running text

WELCOME TO MY BLOG...

Monday, January 20, 2014

Akhirnya Datang Juga…!!!

Tempo hari aku pernah memposting tentang rencana Pemkab Nduga mendatangkan alat berat untuk pembangunan di Distrik-distrik (Kecamatan-kecamatan) yang ada di Kabupaten Nduga. Memang aku dan orang-orang disini sudah mendengar tentang rencana ini sejak awal 2012, bahkan sebenarnya info ini sudah beredar sejak pertengahan tahun 2011. Namun entah kenapa, rencana itu lama sekali terealisasinya….lebih dari 2 tahun! (bisa dibaca disini: akhirnya aku punya tetangga). Kami (aku dan masyarakat disini) bahkan sempat pesimis dan menduga bahwa kemungkinan rencana ini tidak jadi dilakukan. Padahal aku sangat menantikan peristiwa ini…aku pengen banget bisa melihat bagaimana sebuah heli terbang dengan membawa alat-alat berat!
 

Helicopter Kamov....Sang Transporter
 Dan akhirnya......setelah menunggu sekian lama…..peristiwa yang dinantikan ini datang juga! Yup, heli itu datang untuk mengangkut berbagai alat berat yang akan dibawa dari Wamena ke distrik-distrik di Nduga. Alat-alat berat tersebut dikumpulkan terlebih dahulu di sebuah lapangan milik kontraktornya yang ada di daerah Woma, Wamena. Kebetulan waktu itu aku sedang ada di Wamena, jadi aku bisa melihat proses pengangkutan ini. Aku datang kelokasi berdua dengan Pa Guru Jefri (mantan guru, yg sekarang diangkat jadi sekretaris distrik Mugi)


 Helinya sendiri merupakan heli buatan Rusia dengan baling-baling ganda. Heli ini datang dengan pilot + para teknisi dan konsultan dari Negeri Beruang Merah alias Rusia. 


Tidak seperti dugaanku sebelumnya….tadinya aku mengira bahwa alat-alat berat tersebut akan diangkut secara utuh. Namun ternyata tidak….dari info yang aku dengar dari karyawan perusahaan kontraktor tersebut, demi keamanan dan sesuai kemampuan angkut heli plus mempertimbangkan faktor medan juga…maka heli ini akan mengangkut maksimal 3.150 kg alias 3,15 ton. Karena bobot alat beratnnya melebihi limit tersebut….maka alat-alat berat tersebut akan dipreteli dan ditimbang  sebelum kemudian diangkut oleh heli. Kemudian pretelan alat berat tersebut akan diturunkan dan dirakit kembali setelah tiba di tempat tujuan. 

Sempat terjadi insiden ketika heli berusaha mengangkat sebuah stoom kecil…walaupun ukurannya relatif kecil, namun berat stoom ini lebih dari 3 ton (padahal udah dipreteli sebagian)….ketika stoom ini diangkat, dan heli beru terbang beberapa puluh meter, tiba2 helinya menjadi oleng dan tidak stabil…stoom-pun terombang-ambing diudara, dan sempat menabrak beberapa pohon sebelum akhirnya ikatannya terlepas dan stoom-pun jatuh ke tanah. Untungnya stoom jatuh ke tanah kosong di punggir sungai….ngga kebayang deh kalo stoom ini jatuh menimpa rumah, mobil atau menimpa orang yang ada dibawahnya….alamat bisa cilaka!!  



 
Supaya engga banyak kata lagi, mari kita langsung cekidot aja foto-fotonya….. :)

 
Pa guru Jefri dgn latar belakang alat-alat berat yang akan diangkut

 
Para teknisi asal Rusia turut memantau proses dilapangan



Dipreteli dan ditimbang dulu

Alat berat diangkut menggunakan kawat baja

 
Mulai terbang


Lanjut terbang hingga ke tempat tujuan




1 comment:

  1. seru dan mengesankan pada saat terjadinya insiden...
    tapi SELAMAT akhirnya keinginan mulia mulai nampak di depan mata.. ^_^

    ReplyDelete