running text

WELCOME TO MY BLOG...

Monday, July 23, 2012

SURVIVOR.....merekalah juaranya...

People Of Mugi

 Adaptasi….merupakan salah satu anugrah terbesar yang diberikan Tuhan kepada mahlukNya. Dan manusia adalah salah satu makhluk dengan kemampuan beradaptasi terbaik. Yup! Hanya dengan beradaptasilah kita mampu bertahan dalam kehidupan…..adaptasi dalam pekerjaan, adaptasi dengan masalah, beradaptasi dengan lingkungan yang baru  …dan adaptasi dalam berbagai bidang kehidupan lainnya….

Begitu juga dengan masyarakat di Mugi dan masyarakat dipedalaman Papua lainnya. Kondisi alam dengan medan yang berat….dilingkungan pegunungan…
dengan hutan-hutan yang sangat luas dan kondisi terisolir mau tidak mau membuat mereka harus mampu beradaptasi agar mampu bertahan… dan inilah yang akhirnya membentuk kemampuan fisik, jiwa , mental dan karakter mereka…

Lompat ke atas batu
Aku terkadang suka terkagum-kagum dengan kemampuan orang-orang disini….fisik mereka kuat, karena udah terbiasa jalan naik turun gunung…dan terkadang perjalanan yang mereka tempuh memakan waktu hingga berhari-hari. Biarpun udah tua, mereka masih kuat jalan lho...… pernah waktu kami melakukan pelayanan ke Desa Yall, waktu itu aku ditemani oleh kader-kader dan mantri di Puskesmasku. Mereka terdiri dari dua orang kader perempuan, satu kader laki-laki, satu mantri dan juga kepala Puskesmas. Mereka ini sudah tua-tua, rata-rata umurnya diatas 45 tahun dan yang tertua sebetulnya sudah masuk usia pensiunan…..tapi sungguh….aku terkadang sampai kewalahan mengimbangi kecepatan mereka dalam hal naik turun gunung….padahal perjalanan ke Yall yang memakan waktu 2 – 3  jam menurutku sudah lumayan berat…..perjalanan naiknya bikin nafas serasa mau putus…dan perjalanan turunnyapun bikin lutut sampe gemetar …..ini karena kita jalannya agak cepat, makanya bisa sampe begitu….(demi mengejar waktu agar kita pulangnya ngga kesorean…)  



Perjalanan pulang dari Kampung Yall...terjal euy!!
Terkadang dijalan menurun yang terjal, aku jalannya suka pelan2 karena licin dan terasa menyiksa karena batu2 kerikil tajam yang ada sepanjang jalan yang terasa nyeri dikaki (coz kadang aku lebih suka jalan tanpa alas kaki alias nyeker, karena menurutku lebih memudahkan…), tapi itupun terkadang aku  masih suka terpeleset & jatuh…. Sedangkan mereka jalannya kelihatannya nyantai banget ….cepat pula….dan telapak kaki mereka tu kayak ada lapisan karetnya, coz anti selip gitu…..(emangnya GT-man???). Bahkan kalo anak-anak atau orang mudanya mah bisa sambil lari-lari gitu….pokoknya aku nyerah deh…..kalo balapan turun, aku pasti ketinggalan jauh banget dibanding mereka….

(kulit telapak kaki mereka ini tebal banget lho…. Pernah aku dapetin pasien yang luka di telapak kakinya dan harus dijahit. Bukan main keras dan susahnya menjahit telapak kaki tersebut….aku sampe harus ganti jarum jahitnya 2 kali karena patah!)


Kelebihan mereka yang lain adalah….mereka itu tahan dingin, tapi juga kuat panas… Kalo hujan atau ketika sore pas cuaca berkabut dan dingin, banyak diantara mereka yang jalan2 diluar dengan santainya….padahal aku yang didalam rumah aja ngerasa kedinginan… dan hebatnya, banyak diantara mereka yang jalan2 itu tidak memakai baju dan hanya memakai koteka saja!!!

Selain tahan dingin, mereka juga kuat panas. Siang hari pas lagi cerah biasanya matahari bersinar terik. Dan yang aku rasakan panasnya lumayan menyengat….tapi kalo mereka mah biasanya malah nyantai duduk2 atau tiduran dirumput…mereka keliatan gak kepanasan sama sekali. Padahal banyak diantara mereka yang ngga pake baju lhoo.. bukan hanya itu, kalo misalnya pas selesai masak pakai wajan, biasanya wajan yang masih panas itu dengan santainya mereka pegang dan mereka pindahkan dari atas perapian…. Arang yang masih panas sekalipun kadang mereka pegang untuk menyalakan rokok… pokoknya hebat banget deh menurutku…



Mereka juga sangat menyatu dengan alam. Mereka dengan mudahnya bisa tidur disemak-semak tanpa merasa gatal….bahkan aku pernah lihat orang yang dengan santainya tidur-tiduran diatas pohon!! Mereka juga mampu membuat api tanpa menggunakan korek api….bisa mencari makanan dari hutan…pandai berburu…dan beberapa kemampuan bertahan hidup lainnya.
Tiduran diatas pohon

Makanya kalo lihat acara semacam survivor di tivi aku berpikir, kenapa tidak kita kirim saja mereka….  Apalagi kurangnya? Fisik mereka kuat, mentalnyapun sudah pasti baja, nyali mereka besar dan mereka juga memiliki survival skills yang baik. Bukan tidak mungkin mereka bisa menjadi juaranya, karena menurutku….merekalah “sang survivor” sejati !!!



Anak kecilpun sudah pandai "megang" kampak, parang maupun panah








Super Mama !!! naik-turun gunung dengan membawa beban berat...



8 comments:

  1. Di pesisir pulau Tarak juga begitu. Mereka sudah terbiasa jalan di sela sela karang laut yang tajam dengan bertelanjang kaki. Gak luka dan gak canggung.
    Beda dengan diriku, jalan di sela sela karang pake sendal gunung, itu aja pake sesekali terpeleset. Hihihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, begitulah mba....itu karena mereka sudah terbiasa sejak kecil dan tubuh merekapun beradaptasi dgn keadaan lingkungan.

      Orang kaya saya ini mereka bilang 'kulit tipis' mba, soale kl jalan nyeker diatas kerikil/bebatuan kakinya suka lecet2....wkwkwk

      Delete
    2. Kulit tipis soalnya sering diamplas, maklum orang kota.

      enkoos.wordpress.com

      Delete
  2. Ahaha....punya mba Evia kali yg suka diamplas di salon mah... :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kagak.
      Kulit kakiku tebel, ngapalan pulak. Hahahahaha... ngaku.

      Delete
    2. No pict = hoax .... :p

      *just kidding mba...hehehe

      Delete
  3. Motretnya yang gak tega. Ntar gak kolu makan.
    Hahahahaha...
    Ini kok rajin amat mbalesinnya, pasti lagi di kota ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha....

      Iya mba, hehe..

      Delete